Tuesday, December 13, 2016

Wahai para HRD, Inilah alasan kenapa introvert adalah karyawan yang kalian cari

introvert kerja
Photo by Christina Morillo from Pexels


Pada umumnya Seorang introvert sering dianggap remeh oleh orang lain. Baik karena sifatnya yang 'terlihat' pendiam maupun karena mereka kurang pergaulan. Oleh sebab itu perusahaan kadang berpikir dua kali untuk mempekerjakan seorang karyawan yang introvert. Dibalik itu semua, ternyata mereka salah menilai introvert, umumnya orang lain hanya melihat introvert dari sisi luar namun tidak secara keseluruhan .
Baca juga: 5 Fakta menarik orang sunda
Mereka memang tak cakap dalam melakukan obrolan lama dengan rekan kerja. Namun, mereka bisa menyembunyikan kekurangannya itu dengan etos dan keahlian mereka yang bisa dipertanggung jawabkan. Bukan hanya itu, mereka juga termasuk pegawai yang talk less do more dalam lingkungan kerja. Dan masih banyak lagi keunggulan yang mungkin hanya bisa didapat dari orang introvert jikalau para HRD mau mempertimbangkannya terlebih dahulu.


Pribadi yang bertanggung jawab
introvert pekerjaan
Image Source: Pixabay
Walaupun mereka cenderung cuek dan terlihat tidak bisa diandalkan, Tapi jangan kaget jika mereka sangat bertanggung jawab atas apa yang mereka kerjakan atau apa yang diperintahkan atasan mereka sigap melaksanakannya. Mereka sangat pandai dalam mengatur waktu, jadi jika seorang introvert menjadi kawan di tempat perusahaan anda, merekalah salah satu karyawan terproduktif bahkan terbaik di tempat anda.

Hal ini didasari karena sifat mereka yang seorang pendengar baik serta enggan untuk mensia-siakan kepercayaan orang lain padanya.

Jika diberi proyek, mereka bisa saja melaksanakannya dengan baik

karyawan introvert
PEXELS
Introvert merupakan orang yang total jika diberi kepercayaan oleh orang lain dalam bekerja. Seperti poin sebelumnya yang saya jelaskan,  sifat penuh tanggung jawab lah yang membuat mereka dapat diandalkan. Proyek apapun yang atasan limpahkan kepada introvert, mereka akan menyelesaikannya tanpa banyak ngomong dan ngeluh sampai proyek tersebut selesai.

Dan tak perlu takut untuk kesetiaan mereka, selagi mereka diberi kepercayaan dan ruang lingkup sendiri, semua pekerjaan yang kamu limpahkan pada mereka akan beres dengan sempurna. Perlu diingat, Para introvert umumnya akan merasa nyaman dengan kesendirian sesaat dan untuk itulah berikan mereka ruang dan tak menekan mereka untuk terus-menerus bersosialisasi dengan teman kerja.

Pemberi saran yang baik

karyawan introvert
PEXELS
Dibalik diamnya seorang introvert, mereka seringkali mempunyai ide yang sangat gemilang. Jangan salahkan mereka jika dalam suatu diskusi mereka mempunyai pendapat yang sangat berharga. Itu karena kepintaran mereka dalam menganalisa sesuatu se-detail mungkin. Dan di balik diam mereka, otak mereka tidak pernah berhenti berpikir.

So, untuk kalian para atasan, yang mendeteksi salah seorang karyawan kalian seorang introvert, ajaklah mereka sesekali untuk berdiskusi mengenai prospek kedepan mengenai kemajuan perusahaan. Niscaya, mereka akan memberikan pendapat yang bijak dengan pelbagai pertimbangan dan tentunya sangat berharga untuk kemakmuran perusahaan anda.

Merupakan pribadi yang apa adanya

pekerja introvert
PEXELS
Introvert bekerja dengan tulus dan penuh tanggung jawab. Mereka juga menampilkan apa yang ingin mereka tampilkan, intinya penampilannya selalu apa adanya. Bukan hanya penampilan, sikap mereka pun terkesan tidak dibuat-buat. Selain itu, mereka juga merupakan pribadi yang jujur. Jadi tak perlu takut untuk menaruh kepercayaan pada introvert.

Ahli dalam bidangnya
karyawan introvert
PEXELS
kegemaran introvert untuk menyendiri dan me-recharge energy mereka dengan melakukan aktivitas yang mereka sukai berdampak pada keahlian mereka yang cukup bagus dalam posisi di perusahaannya. Jadi, biasanya introvert dalam melamar kerja benar-benar menyesuaikan dengan bidang yang mereka cinta dan tak jarang, mereka sangat piawai dalam bidang tersebut.

Tampilan luar yang mereka kenakan merupakan topeng yang didalamnya terdapat wawasan dan kemampuan yang luar biasa dalam bidang yang mereka cintai.


0 Comments:

Post a Comment

Silahkan Berkicau