Tuesday, August 21, 2018

Inilah yang bisa kamu lakukan selagi masih menganggur

pengangguran
PEXELS
“lho, kok masih nganggur?”, sebuah pertanyaan menyakitkan bagi pemuda selain ditanya kapan nikah. Tak salah memang karena itu bentuk kepedulian, tapi bagi pengangguran yang kesulitan mencari kerja, kalimat diatas adalah bentuk desakan yang membuat siapapun minder mendengarnya.

Keadaan diatas merupakan salah satu dinamika kehidupan yang sangat menyakitkan dan memalukan. Tak jarang pula, menganggur memberikan tekanan mental pada pelakunya. Untuk itu, mengalihkan fokus pada sesuatu yang lebih pantas didengar adalah solusi. Daripada mendengar pertanyaan konyol, terjebak dalam depresi mendalam dan bingung mencari lowongan, lebih baik melakukan hal berikut supaya menganggurmu lebih berwarna.


Mempelajari hal baru

belajar
PEXELS
Banyak pengangguran yang hanya bermodal semangat kerja dan mengesampingkan keahliannya. Padahal, di era digital yang berjalan cepat, meng-update informasi dan mengasah skill adalah sebuah keharusan. Apalagi kriteria calon pekerja yang dicari perusahaan semakin kompleks tiap harinya. Jangan salah, kemampuan dasar komputerisasi merupakan wajib bagi lulusan SMA. Lebih lanjut, dengan mempelajari hal baru, setidaknya memberikan kamu wawasan baru yang akan bermanfaat pada diri kamu sendiri.

Dengan keberadaan teknologi yang kian berkembang, menemukan topik yang relevan untuk meningkatkan keterampilan di internet bukanlah perkara sulit. Misalnya dengan membaca blog tentang bidang pekerjaan yang kamu incar, membaca E-book yang tersebar di forum-forum dan solusi logisnya adalah belajar melalui youtube yang menyenangkan.


Menikmati hobby

skateboard
PEXELS
Menjadi pengangguran bukan berarti kamu hanya terfokus pada rasa keputusasaan mencari pekerjaan. Sebaliknya, kamu bisa menghiasi rasa bosan mencari kerja dengan melirik kembali hobby yang kamu geluti. Siapa tahu, dengan kegemaran yang kamu geluti bisa menghasilkan uang dengan bermodal ketekunan dan kekuatan digital.


jangan pedulikan omongan orang

budeg
PEXELS
Mulutmu adalah harimaumu. Jangan pernah dengarkan nada minor yang orang katakan padamu. Tetap fokus dan percaya pada diri kamu sendiri tanpa memperdulikan omongan sinis orang lain. Ingat, ini hidupmu dan kamulah pemegang keputusan bukan mereka. belajarlah untuk tidak peduli pada sesuatu yang tak penting.
Memang, terkadang orang berkata diluar batas wajar dan terlalu mencampuri urusan orang terlalu dalam. Untuk memfilter itu, mulailah dengan mempelajari seni bodo amat pada Squidward. Ya, salah satu tokoh animasi ini merupakan contoh yang bagus untuk memberikan kekuatan bodo amat pada dirimu dengan cara menyenangkan.  Tentu kita tahu bahwa Squidward merupakan simbol kedewasaan di animasi Spongebob. Meskipun terkesan antagonis, tapi pesan yang tersirat dari perangai Squidward merupakan kondisi yang kamu harus pelajari sebagai seorang pengangguran.


Manfaatkan perkembangan teknologi

youtuber
PEXELS
Salah satu manfaat teknologi yang sangat nyata pada era digital adalah menghasilkan uang dengannya. Untuk kalian yang masih menganggur, tak ada salahnya memainkan salah satu permainan uang yang satu ini. Dari membuat channel youtube hingga melakukan trading yang kini sedang naik daun di generasi milenial. Tapi jangan salah dengan iming-iming langsung sukses hanya bermodal bisnis internet. Untuk sampai pada titik itu, sama seperti merintis bisnis offline, harus dilakukan dengan sabar. Jadi, sangat keliru dengan apa yang kamu pikirkan bahwa dengan membuat channel youtube bisa langsung membuatmu terkenal dan menghasilkan banyak uang. Yang terpenting memang harus sabar dan berada dalam jalur passion kamu sendiri.


Beranilah terjun jadi Pengusaha

UMKM
PEXELS
Jika kamu merasa pencarian kerjamu sia-sia, kenapa tidak dengan memulai membangun usaha kecil untuk mencukupi kehidupanmu. Memang, menjadi pengusaha tak segampang menjadi pegawai. Kalian harus pintar mengatur waktu, memanage uang kalian sendiri, dan berinovasi pada bisnis yang kalian bangun. Sisi baiknya, dengan membangun usaha kecil menengah, kamu tak perlu menunggu akhir bulan untuk gajian. Lebih dari itu, segala skill komunikasi, leadership dan pemasaran murni kamu pelajari disini yang dapat memberikan manfaat guna mengembangkan perusahaan yang kamu rintis menjadi lebih baik.

Lambat laun dalam menapaki kehidupan yang ganas ini, kamu akan mengerti bahwa passion yang kamu miliki adalah sumber kebahagian kamu. sebagai contoh, kamu tertarik menjadi fotografer, berapapun gajinya itu, kamu akan mensyukuri karena itu memang passion kamu. dan untuk yang masih menganggur, ingatlah bahwa menjadi pengangguran bukan berarti hidup kamu berantakan. Karena, kamu belum bertemu waktunya saja. Kelak kalian juga mengerti tentang kalimat ini.

0 Comments:

Post a Comment

Silahkan Berkicau