Mau beli paket usaha franchise? Cek dulu fakta berikut ...

by - October 08, 2018

waralaba murah
UNSPLASH
Franchise atau waralaba memang sangat cocok sekali untuk pebisnis pemula. Selain mudah, umumnya harga franchise pun kompetitif dan cukup bersahabat dengan pelaku usaha pemula.
Namun, apakah dengan membeli paket usaha franchise meskipun dengan royalty 0%, bisnis kita akan berjalan bagus? Untuk hal ini, sebaiknya kalian pelajari dulu keadaan pasar yang akan kalian masuki.

Selain itu, memiliki tempat berdagang yang strategis pun memberikan dampak yang signifikan untuk memuluskan usaha kalian. Dan yang paling sering diabaikan oleh pebisnis pemula, kalian harus paham betul apakah paket usaha dari franchisor  perlu daya listrik atau tidak. Karena disamping untuk menentukan tempat yang terdapat sumber daya listrik didalamnya, hal ini juga untuk mewaspadai biaya eksternal di kemudian hari tanpa disangka-sangka. Pemikiran yang matang dengan tindakan yang tepat, bisa menjadi senjata utama kalian sebelum memulai bisnis tertentu apalagi waralaba yang sekarang merajalela.

Lebih lanjut, memperhatikan hal ihwal poin di bawah juga tak ada salahnya sebelum membeli paket usaha dari fanchisor.
Jangan tergoda dengan sesuatu yang viral
peluang usaha baru
UNSPLASH

Bagi pengusaha pemula, membeli paket franchise yang sedang naik daun dan digandrungi oleh anak muda merupakan prospek bisnis yang menjanjikan. Apalagi jika belum ada pesaing terdekat yang mengambil paket usaha tersebut. Nahasnya, sesuatu yang viral biasanya memiliki kelangsungan bisnis yang tak bertahan lama. Selain karena, kepopuleran di media sosialnya meredup, bisnis viral pun minim inovasi atau pelanggan sudah mengenal resep rahasia dari produk tersebut.

Seperti yang kalian tahu, umumnya orang Indonesia adalah orang yang pelit terhadap produk lokal dan berbanding terbalik terhadap produk luar. Mereka sebisa mungkin untuk menghemat jajanan terbaru dengan membuatnya sendiri di rumah. Namun untuk produk luar negeri, mereka sebisa mungkin mendatangkannya dari asal Negara tersebut.

Untuk itu, sebelum membeli paket usaha yang viral karena media sosial, lebih baik perhatikan dulu prospek kedepannya. Jangan sampai, karena kepopulerannya meredeup, omset yang didapatkan juga menurun gradual setiap bulan.

Kenali dulu apakah pihak franchisor itu memiliki tim yang responsif atau tidak
customer service
UNSPLASH
Inilah yang paling penting sebelum memilih atau membeli paket usaha franchise. Mungkin, pertama kali kalian mengontak pihak franchisor, mereka begitu responsif karena kalian calon pembeli baru mereka. Namun, sebelum terbuai akan janji manis dengan berbagai keuntungan, lebih baik cari tahu dulu berapa Customer Service (CS)  yang mereka kerjakan.
Lazimnya, setiap franchisor memiliki area CS-nya tersendiri. Selain untuk memudahkan, hal ini juga untuk memberikan support bahan baku atau masalah lainnya pada kalian yang membeli paket usahanya. Jangan sampai, setelah kalian mantap membeli paket usaha mereka, pelayanan dari pihak franchisor justru semakin mennurun dan Customer Service mereka tak bisa diandalkan.
Hasilnya pun bisa ditebak, kalian akan kesusahan mencari bahan baku utama karena CS yang tak responsif dan yang lebih parah berakibat pada menurunnya omset dagang kalian.
Pilihlah paket franchise yang memungkinkan untuk bertahan lama
Seperti yang dijelaskan pada point pertama, pilihlah paket yang sekiranya sebisa mungkin dapat bertahan lama di keadaan masyarakat tempat tinggal kalian. Untuk mengetahuinya, kalian bisa menerka apakah paket usaha yang akan kalian beli itu cocok untuk semua kalangan atau hanya untuk anak muda saja. Selain itu, pikirkan dulu varian rasa dan memprediksi apakah bisnis ini tepat dengan iklim tempat tinggal sehingga bisa beradaptasi terhadap cuaca panas maupun hujan.
Pendekatan dengan paket usaha yang akan kalian beli mutlak dibutuhkan sebelum mantap membelinya. Jangan sampai kalian kecewa di akhir karena paket franchise tersebut tak sesuai harapan dan yang lebih parah lagi tak ada support yang diberikan dari pihak franchisornya.
Setelah dirasa mantap, barulah kalian membeli paket usaha impian
membayar
Christian Dubovan On Unsplash
Setelah kalian mempelajari dukungan dari franchisor yang bisa di andalkan, prospek bisnis yang menjanjikan untuk kedepan dan telah mendapat lahan yang cocok untuk berdagang, maka tak ada salahnya membeli paket usaha yang telah kalian incar. Karena pengamatan yang tepat tanpa dibarengi keputusan yang tergesa-gesa sebelumnya, merupakan kunci utama berbisnis waralaba yang kian marak di Indonesia.
Umumnya, jika kalian lihat di tempat tinggal kalian atau kota lain, mungkin ada beberapa pebisnis waralaba kaki lima yang 1-2 bulan sudah gulung tikar. Umumnya, mereka terlalu tergesa-gesa dalam mengambil keputusan tanpa memperhatikan faktor-faktor lainnya di dalamnya sehingga menyebabkan kebangkrutan.

Usahakan terlibat langsung didalamnya
pengusaha
Kenny Luo on Unsplash
Bagi kamu orang gengsian yang sedang merambah dunia bisnis, mungkin kamu berpikir jika keren rasanya memiliki karyawan dan kalian hanya tinggal duduk manis di rumah menunggu keuntungan datang. Layaknya pedagang besar saat ini yang sering menceritakan pengalaman mereka, hal tersebut  merupakan pemikiran yang salah kaprah. Karena tak ada yang ajaib di dunia ini apalagi berbisnis.
Meskipun kalian membeli paket waralaba dengan harga fantastis, pastikan setidaknya kalian terlibat didalamnya. Apalagi jika hanya membeli paket seharga di bawah 10 Juta, maka kalian harus merintis sendiri dulu baru beberapa bulan kedepan jika terasa menguntungkan dan membutuhkan bantuan, maka carilah karyawan. Jangan terbalik.
Yang terpenting dan utama dalam berdagang adalah jangan pernah mengikuti gengsi. Selain itu, banyak sekali kendala yang hanya bisa kalian rasakan kala pertama kali mempraktekannya. Namun, lambat laun, semua kesulitan di awal akan terasa mudah dan terbiasa jika kalian konsisten dengannya. Dan Jangan lupa berdoa.
Mau sewa teras Indomaret atau Alfamart? cek dulu fakta berikut..

You May Also Like

0 Comments

Silahkan Berkicau